Contoh Proposal Penelitian Ilmiah

PROPOSAL PENELITIAN ILMIAH
LAPORAN ILMIAH KEWIRAUSAHAAN





HELENA CHRISTY/23212372
S1-AKUNTANSI



BAHASA INDONESIA 2




UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2014/2015







PENDAHULUAN


Latar Belakang

Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat sekarang ini terhadap dunia fashion, maka kami membuka suatu usaha clothing yang update, terkenal dikalangan anak remaja sekarang ini, dan mempunyai pelanggan yang setia serta mengerti akan kebutuhan masyarakat dalam dunia fashion.

Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan/clothing  yang menjual berbagai aneka pakaian  serta fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera anak remaja sekarang. Adapun kutipan dari perusahaan itu sendiri.

What we are…
“Dreambirds is a hand-made brand focusing on Integrity, Originality, and Quality. Bringing Jakarta and the country throughout, the best in street-wear inspired material since 2009. The founders of Dreambirds provide well thought-out designs originating from manually made, skilful illustrations and gorgeous paintings of realism following a   flawless application to comfortable, numbered garments in limited batches, making each    piece of clothing a masterpiece of art worth to collect and wear with pride”!

Who we are…

“Dreambirds Artwear aims to inspire and convey a message to everybody to engage in what they love to do in life. In doing so motivates blissful positivity, delivering happiness   and enlightenment in everyone’s lifestyle. Each month, we produce pieces of ourselves,   expressing our emotions through the work of art we earnestly dedicate our time with. We then manually print our designs onto shirts, long sleeves, hoodies, and other various pieces of clothing. From there, it gets shipped to our loyal and wonderful customers   throughout Indonesia spreading the words that we keep true and dear to our hearts to “DREAM“, “CREATE“, and to look forward to a brighter “FUTURE“. We.. Are Dreambirds! HOOT”!

DreamBird didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi anak muda sekarang dalam dunia fashion yang update. Dengan motif produk tersebut tanpa melupakan corak dan ciri khasnya. Usaha ini merupakan karya seni anak muda yang mempunyai motivasi yang positif dalam pembuatan usaha tersebut.

Biasanya usaha ini bertempat di daerah yang cukup terjangkau untuk anak-anak remaja sekarang (sering disebut tempat anak gaul). Dan usaha ini juga sering mempromosikan usahanya di event-event besar seperti jakcloth. Mereka mengakui bahwa kalau kita mempromosikan dagangan kita ditempat-tempat yang cukup terkenal, maka kita mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Visi :
1.     Mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya
2.     Menjadi usaha/karya seni fashion terupdate yang sukses di Jakarta, bahkan di indonesia
3.     Menjadi produsen DreamBird nomor 1

Misi :
1.     Menciptakan karya seni baru dengan motif-motif baru juga.
2.     Memberikan pelayanan yang baik dan ramah untuk menarik pembeli.
3.     Menjual produk dengan harga yang bisa terjangkau.
4.     Berpegang pada mottonya “DREAM“, “CREATE“, and to look forward to a brighter “FUTURE“.

Perumusan Masalah
1.     Apakah produk yang anda jual memiliki cirri khas yang berbeda dari yang lain?
2.     Bagaimana cara anda untuk mempromosikan atau taget pasar apa yang anda lakukan?
3.     Adakah hambatan atau persaingan dalam menjalankan usaha tersebut?
Tujuan Usaha
1.     Berperan aktif dalam bisnis dan kewirausahaan
2.     Menyediakan berbagai kebutuhan fashion bagi anak-anak remaja maupun masyarakat sekitar.
3.     Mengurangi tingkat pengangguran.
4.     Mendapatkan keuntungan yang besar.
5.     Menjalin persahabatan,komunikasi, dan informasi antara pelanggan.




RINGKASAN BISNIS

Profil Usaha

Nama Usaha                  : DreamBird
Jenis Usaha                   : Clothing
Alamat                     : Komplek Kodam Jaya Blok S No. 1, Cililitan Kramat Jati, 13510, Jakarta Timur.
No. Tlp                         : 085781115564
Motto                   : “DREAM”, “CREATE”, and to look forward to a brighter “FUTURE”. We are   DreamBirds! HOOT!
Email                            : dreambirds.co@gmail.com
Business Hour               : Monday-Friday [10:00-22.00 WIB]
Reseller Inquiries           : dreambirds.co@gmail.com

Gambaran Awal Usaha

Usaha ini merupakan usaha saya yang pertama. Dalam tahap awal saya tidak meminjam dana dari bank sebagai tambahan awal modal saya dalam mendirikan usaha ini. Saya hanya memakai dana sendiri dan bantuan dari kedua orang tua saya, yang menurut saya cukup untuk mendirikan usaha ini. Saya tidak menyewa tempat sebagai lokasi usaha saya ini, saya hanya membuka usaha ini dirumah dengan fasilitas yang menurut saya cukup dan lokasinya pun strategis. Karena, didaerah tersebut banyak sekali peminat clothingan dreambird tersebut. Jadi saya tidak takut untuk membuka usaha awal saya dirumah, “ya, siapa tahu usaha ini berjalan lancar dan banyak peminatnya.”ujarnya.



KEGIATAN USAHA


Gambaran Produk

Produk dreambird saya berdeda dari produk-produk yang lainnya. Saya mempunyai ide dan inovasi tersendiri dalam menciptakan motif atau gambar yang berdeda. Saya tidak hanya menjual pakaian kaos , tetapi saya juga menjual atau memproduksi kemeja, jaket, sweater, celana jogger, topi, tas, dan aksesoris. Saya harap dengan ide dan inovasi pada produk yang saya jual, dapat menarik para pembeli maupun pelanggan semakin tertarik dan selalu memakai produk karya seni anak indonesia masa kini, sehingga juga dapat meningkatkan omset maupun keuntungan penjualan saya.










Gambaran Penjualan

Sekarang ini, saya membuka usaha saya ini ditempat yang cukup strategis, yakni di Komplek Kodam Jaya Blok S No. 1, Cililitan Kramat Jati, 13510, Jakarta Timur. Tentu dalam penjualan nanti, ada strategi-strategi penjualan yang akan saya pakai dalam menarik calon pembeli atau pelanggan. Harapan saya dalam penjualan produk tersebut nanti dapat berjalan dengan lancer dan sukses.

Gambaran Persaingan

Dalam dunia bisnis seperti ini banyak sekali pesaing-pesaing yang menciptakan produk-produk bagus juga. Saya pun juga mempunyai beberapa pesaing. Pengaruh pesaing terhadap penjualan dreambird saya agak sedikit berpengaruh, karena pesaing-pesaing tersebut ada yang sudah lama atau terlebih dahulu menjual pakaian-pakaian seperti saya tapi dengan motif yang berbeda, kualitas produk yang berdeda,  dan dengan harga yang beda tipis serta tempat berjualannya juga cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar tempat tersebut. Tapi saya yakin dengan produksi saya sendiri yang mempunyai cirri khas yang menonjol dari produk-produk penjual yang lain.

Target Pelanggan

Target pelanggan dari usaha ini adalah anak-anak muda, anak-anak remaja, maupun masyarakat sekitar yang sedang terpengaruh oleh fashion-fashion yang baru, keren, dan memiliki cirri khas yang berbeda.

Konsep Promosi

Saya mempromosikan produk saya melalui event-event besar seperti jakcloth, karena ditempat tersebut banyak sekali anak-anak muda, remaja maupun orang tua yang sering datang ketempat tersebut, bukan hanya untuk melihat konser music tapi mereka bisa melihat-lihat pakaian yang dijual disana. Saya juga biasanya membuka online shop, untuk lebih mudah mendekatkan kepada para pembeli dan saya pikir jaringan internet itu luas jadi gampang buat promosi produk-produk saya, keuntungannya pun besar.

Prespektif Masa Depan Usaha

Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka saya yakin usaha ini akan maju dan sukses ke depannya. Karena, melihat kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat, khusunya kalangan anak muda dan remaja pada saat ini sangat besar dan memiliki peluang yang sangat menguntungkan pula. Jadi, saya tidak takut untuk memproduksi pakaian dan lainnya lebih banyak lagi.



RENCANA PEMASARAN


Penetapan Harga

Harga yang akan dikenakan dalam produk merk DreamBird ini adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat khusunya anak-anak muda maupun remaja. Berikut adalah table harga jenis produk yang ditawarkan, adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.

No.
Jenis Produk
Harga
1.
Tas Scavenger
Rp. 300.000 – Rp. 550.000
2.
Jaket
Rp. 300.000 – Rp. 450.000
3.
ToteBag
Rp. 125.000
4.
Kaos
Rp. 175.000 – Rp. 195.000
5.
Celana jogger
Rp. 325.000
6.
Aksesoris (gelang)
Rp. 50.000
7.
Topi
Rp. 215.000 – Rp. 250.000

Pelaksanaan Distribusi

Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.



PERENCANAAN PERMODALAN


Sumber-sumber permodalan

Sebagai sumber awal mula pendirian usaha DreamBird yaitu dari pemilik usaha sendiri, sebagai investasinya untuk itu didirikanlah usaha tersebut dalam bidang perdagangan atau clothing.

Neraca Permulaan Usaha
1.     Biaya produksi per tahun terdiri dari :
·        Modal Awal produksi
Uang sendiri
Rp.  20.000.000
Pinjaman dana orang tua
Rp.  50.000.000
Renovasi Awal dan Desain Interior
Rp.  10.000.000
Kulakan baju dll
Rp.  15.000.000
Biaya soft opening dan promosi awal
Rp.     5.000.000
Biaya gaji karyawan tahun pertama
Rp.   20.000.000
Jumlah modal produksi
Rp. 120.000.000

2.     Biaya lain-lain
Listrik                                      Rp. 5.000.000
Transportasi                            Rp. 6.500.000
Administrasi                            Rp. 4.000.000
Kebersihan                              Rp. 1.500.000
Pajak                                       Rp. 2.500.000 +
Jumlah biaya lain-lain               Rp. 19.500.000
Total seluruh biaya produksi
Jumlah modal produksi           Rp. 120.000.000
Jumlah biaya lain-lain               Rp.   19.500.000 –
Total                                       Rp. 100.500.000


Proyeksi Aliran Kas

Untuk usaha ini, saya proyeksikan keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk usaha saya ini, akan mampu menjual sekitar 100  juta per tahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih per tahun sekitar 120 – 150 juta per tahun.
Sehingga pada tahun kedua, sudah bisa balik modal, dan tahun ke 3, 4, dan seterusnya, saya tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar saya gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.

Perencanaan Laba Rugi

INVESTASI
JUMLAH (Rp)
Biaya Tetap

Penyusutan gedung dan peralatan
Rp. 5.000.000
Gaji Pegawai
Rp. 20.000.000
jumlah
Rp. 25.000.000


Biaya Variabel/Produksi

Kulakan baju clothing
Rp. 15.000.000
jumlah
Rp.15.000.000


Biaya lain-lain

Listrik
Rp. 5.000.000
Transportasi
Rp. 6.500.000
Administrasi
Rp. 4.000.000
Kebersihan
Rp. 1.500.000
Pajak
Rp. 2.500.000
Total Biaya lain-lain
Rp. 19.500.000
Total Modal Pengeluaran
Rp. 59.500.000


Pendapatan

Pendapatan aneka pakaian dan fashion
Rp. 200.000.000
Total Pendapatan
Rp. 200.000.000


Total Pendapatan
Rp. 200.000.000
Total Modal Pengeluaran
Rp. 59.500.000
Total Keuntungan Bersih
Rp. 140.500.000



PENUTUP

Harapan saya untuk usaha “clothing” ini ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju.  Dan menjadi trendsenter masa kini. Setelah melaksanakan usaha ini, saya dapat mengambil kesimpulan :

1.     Seorang pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2.     Sebelum membuka usaha, seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen, tujuan, dan sasaran yang akan dituju.
3.     Seorang pengusaha harus pintar dalam mempromosikan produk yang mereka miliki, untuk menarik pembeli dan pelanggan setianya.


Referensi :






Komentar

  1. Thanks sudah berbagi artikel yg memberikan inspirasi. Semoga makin banyak lagi yg menyalurkan ide-ide kreatif agar dapat memberikan inspirasi bagi orang lain.

    Salam
    Bogor Prime Cloth
    www.facebook.com/bpr38
    www.bpr38.ga
    pin bb: 7D783702

    BalasHapus
  2. Thanks sudah berbagi artikel yg memberikan inspirasi. Semoga makin banyak lagi yg menyalurkan ide-ide kreatif agar dapat memberikan inspirasi bagi orang lain.

    Salam
    Bogor Prime Cloth
    www.facebook.com/bpr38
    www.bpr38.ga
    pin bb: 7D783702

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

JURNAL ILMIAH

KARANGAN ILMIAH, NON-ILMIAH, DAN SEMI ILMIAH (POPULER)

goodbye