Contoh Proposal Penelitian Ilmiah
PROPOSAL
PENELITIAN ILMIAH
LAPORAN
ILMIAH KEWIRAUSAHAAN
HELENA
CHRISTY/23212372
S1-AKUNTANSI
BAHASA
INDONESIA 2
UNIVERSITAS
GUNADARMA
DEPOK
2014/2015
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Dengan semakin
berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat sekarang ini terhadap
dunia fashion, maka kami membuka suatu usaha clothing yang update, terkenal
dikalangan anak remaja sekarang ini, dan mempunyai pelanggan yang setia serta
mengerti akan kebutuhan masyarakat dalam dunia fashion.
Perusahaan kami
bergerak di bidang perdagangan/clothing yang menjual berbagai aneka
pakaian serta fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera
anak remaja sekarang. Adapun kutipan dari perusahaan itu sendiri.
What we are…
“Dreambirds is a
hand-made brand focusing on Integrity, Originality, and Quality. Bringing
Jakarta and the country throughout, the best in street-wear inspired material since 2009. The founders of Dreambirds
provide well thought-out designs originating from
manually made, skilful illustrations and gorgeous paintings of realism
following a flawless application to
comfortable, numbered garments in limited batches, making each piece of clothing a masterpiece of art worth
to collect and wear with pride”!
Who we are…
“Dreambirds Artwear
aims to inspire and convey a message to everybody to engage in what they love to do in life. In doing
so motivates blissful positivity, delivering happiness and enlightenment in everyone’s lifestyle. Each month, we produce
pieces of ourselves, expressing our
emotions through the work of art we earnestly dedicate our time with. We then manually print our designs onto shirts,
long sleeves, hoodies, and other various pieces
of clothing. From there, it gets shipped to our loyal and wonderful customers throughout Indonesia spreading the words that
we keep true and dear to our hearts to “DREAM“,
“CREATE“, and to look forward to a brighter “FUTURE“. We.. Are Dreambirds! HOOT”!
DreamBird didirikan
untuk mempelopori kecintaan generasi anak muda sekarang dalam dunia fashion
yang update. Dengan motif produk tersebut tanpa melupakan corak dan ciri
khasnya. Usaha ini merupakan karya seni anak muda yang mempunyai motivasi yang
positif dalam pembuatan usaha tersebut.
Biasanya usaha ini
bertempat di daerah yang cukup terjangkau untuk anak-anak remaja sekarang
(sering disebut tempat anak gaul). Dan usaha ini juga sering mempromosikan
usahanya di event-event besar seperti jakcloth. Mereka mengakui bahwa kalau
kita mempromosikan dagangan kita ditempat-tempat yang cukup terkenal, maka kita
mendapatkan keuntungan yang cukup besar.
Visi
:
1.
Mendapatkan keuntungan yang
sebesar-besarnya
2.
Menjadi usaha/karya seni fashion
terupdate yang sukses di Jakarta, bahkan di indonesia
3.
Menjadi produsen DreamBird nomor 1
Misi
:
1.
Menciptakan karya seni baru dengan
motif-motif baru juga.
2.
Memberikan pelayanan yang baik dan ramah
untuk menarik pembeli.
3.
Menjual produk dengan harga yang bisa
terjangkau.
4.
Berpegang pada mottonya “DREAM“,
“CREATE“, and to look forward to a brighter “FUTURE“.
Perumusan
Masalah
1.
Apakah produk yang anda jual memiliki
cirri khas yang berbeda dari yang lain?
2.
Bagaimana cara anda untuk mempromosikan
atau taget pasar apa yang anda lakukan?
3.
Adakah hambatan atau persaingan dalam
menjalankan usaha tersebut?
Tujuan
Usaha
1.
Berperan aktif dalam bisnis dan
kewirausahaan
2.
Menyediakan berbagai kebutuhan fashion
bagi anak-anak remaja maupun masyarakat sekitar.
3.
Mengurangi tingkat pengangguran.
4.
Mendapatkan keuntungan yang besar.
5.
Menjalin persahabatan,komunikasi, dan
informasi antara pelanggan.
RINGKASAN
BISNIS
Profil
Usaha
Nama Usaha :
DreamBird
Jenis Usaha :
Clothing
Alamat : Komplek Kodam Jaya Blok S No.
1, Cililitan Kramat Jati, 13510, Jakarta Timur.
No. Tlp :
085781115564
Motto : “DREAM”, “CREATE”, and to look forward to a brighter
“FUTURE”. We are DreamBirds! HOOT!
Email : dreambirds.co@gmail.com
Business
Hour : Monday-Friday [10:00-22.00
WIB]
Reseller
Inquiries : dreambirds.co@gmail.com
Gambaran Awal Usaha
Usaha
ini merupakan usaha saya yang pertama. Dalam tahap awal saya tidak meminjam
dana dari bank sebagai tambahan awal modal saya dalam mendirikan usaha ini.
Saya hanya memakai dana sendiri dan bantuan dari kedua orang tua saya, yang
menurut saya cukup untuk mendirikan usaha ini. Saya tidak menyewa tempat
sebagai lokasi usaha saya ini, saya hanya membuka usaha ini dirumah dengan
fasilitas yang menurut saya cukup dan lokasinya pun strategis. Karena, didaerah
tersebut banyak sekali peminat clothingan dreambird tersebut. Jadi saya tidak
takut untuk membuka usaha awal saya dirumah, “ya, siapa tahu usaha ini berjalan
lancar dan banyak peminatnya.”ujarnya.
KEGIATAN USAHA
Gambaran Produk
Produk
dreambird saya berdeda dari produk-produk yang lainnya. Saya mempunyai ide dan
inovasi tersendiri dalam menciptakan motif atau gambar yang berdeda. Saya tidak
hanya menjual pakaian kaos , tetapi saya juga menjual atau memproduksi kemeja,
jaket, sweater, celana jogger, topi, tas, dan aksesoris. Saya harap dengan ide
dan inovasi pada produk yang saya jual, dapat menarik para pembeli maupun
pelanggan semakin tertarik dan selalu memakai produk karya seni anak indonesia
masa kini, sehingga juga dapat meningkatkan omset maupun keuntungan penjualan
saya.
Gambaran
Penjualan
Sekarang ini, saya
membuka usaha saya ini ditempat yang cukup strategis, yakni di Komplek Kodam
Jaya Blok S No. 1, Cililitan Kramat Jati, 13510, Jakarta Timur. Tentu dalam
penjualan nanti, ada strategi-strategi penjualan yang akan saya pakai dalam
menarik calon pembeli atau pelanggan. Harapan saya dalam penjualan produk
tersebut nanti dapat berjalan dengan lancer dan sukses.
Gambaran Persaingan
Dalam
dunia bisnis seperti ini banyak sekali pesaing-pesaing yang menciptakan
produk-produk bagus juga. Saya pun juga mempunyai beberapa pesaing. Pengaruh
pesaing terhadap penjualan dreambird saya agak sedikit berpengaruh, karena
pesaing-pesaing tersebut ada yang sudah lama atau terlebih dahulu menjual
pakaian-pakaian seperti saya tapi dengan motif yang berbeda, kualitas produk
yang berdeda, dan dengan harga yang beda
tipis serta tempat berjualannya juga cukup strategis sehingga banyak orang yang
melakukan aktifitas disekitar tempat tersebut. Tapi saya yakin dengan produksi
saya sendiri yang mempunyai cirri khas yang menonjol dari produk-produk penjual
yang lain.
Target
Pelanggan
Target pelanggan dari
usaha ini adalah anak-anak muda, anak-anak remaja, maupun masyarakat sekitar yang
sedang terpengaruh oleh fashion-fashion yang baru, keren, dan memiliki cirri
khas yang berbeda.
Konsep
Promosi
Saya mempromosikan
produk saya melalui event-event besar seperti jakcloth, karena ditempat
tersebut banyak sekali anak-anak muda, remaja maupun orang tua yang sering
datang ketempat tersebut, bukan hanya untuk melihat konser music tapi mereka
bisa melihat-lihat pakaian yang dijual disana. Saya juga biasanya membuka
online shop, untuk lebih mudah mendekatkan kepada para pembeli dan saya pikir
jaringan internet itu luas jadi gampang buat promosi produk-produk saya,
keuntungannya pun besar.
Prespektif
Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya
tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion
dengan lokasi yang strategis, maka saya yakin usaha ini akan maju dan sukses ke
depannya. Karena, melihat kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan
masyarakat, khusunya kalangan anak muda dan remaja pada saat ini sangat besar
dan memiliki peluang yang sangat menguntungkan pula. Jadi, saya tidak takut
untuk memproduksi pakaian dan lainnya lebih banyak lagi.
RENCANA
PEMASARAN
Penetapan
Harga
Harga yang akan
dikenakan dalam produk merk DreamBird ini adalah harga yang diperkirakan akan
terjangkau oleh masyarakat khusunya anak-anak muda maupun remaja. Berikut
adalah table harga jenis produk yang ditawarkan, adapun untuk selanjutnya harga
akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1.
|
Tas Scavenger
|
Rp. 300.000 – Rp. 550.000
|
2.
|
Jaket
|
Rp.
300.000 – Rp. 450.000
|
3.
|
ToteBag
|
Rp. 125.000
|
4.
|
Kaos
|
Rp.
175.000 – Rp. 195.000
|
5.
|
Celana jogger
|
Rp. 325.000
|
6.
|
Aksesoris
(gelang)
|
Rp.
50.000
|
7.
|
Topi
|
Rp. 215.000 – Rp. 250.000
|
Pelaksanaan
Distribusi
Distribusi yang
dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak
mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati
konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan
yang sebanyak-bantaknya.
PERENCANAAN
PERMODALAN
Sumber-sumber
permodalan
Sebagai sumber awal
mula pendirian usaha DreamBird yaitu dari pemilik usaha sendiri, sebagai
investasinya untuk itu didirikanlah usaha tersebut dalam bidang perdagangan
atau clothing.
Neraca
Permulaan Usaha
1.
Biaya produksi per tahun terdiri dari :
·
Modal Awal produksi
Uang
sendiri
|
Rp. 20.000.000
|
Pinjaman
dana orang tua
|
Rp. 50.000.000
|
Renovasi
Awal dan Desain Interior
|
Rp. 10.000.000
|
Kulakan
baju dll
|
Rp. 15.000.000
|
Biaya
soft opening dan promosi awal
|
Rp. 5.000.000
|
Biaya
gaji karyawan tahun pertama
|
Rp. 20.000.000
|
Jumlah
modal produksi
|
Rp.
120.000.000
|
2.
Biaya lain-lain
Listrik Rp.
5.000.000
Transportasi Rp. 6.500.000
Administrasi Rp. 4.000.000
Kebersihan Rp. 1.500.000
Pajak Rp. 2.500.000 +
Jumlah
biaya lain-lain Rp. 19.500.000
Total
seluruh biaya produksi
Jumlah
modal produksi Rp. 120.000.000
Jumlah biaya lain-lain Rp. 19.500.000 –
Total Rp. 100.500.000
Proyeksi
Aliran Kas
Untuk usaha ini, saya
proyeksikan keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk usaha
saya ini, akan mampu menjual sekitar 100 juta per tahun, sehingga jika diambil
keuntungan bersih per tahun sekitar 120 – 150 juta per tahun.
Sehingga pada tahun
kedua, sudah bisa balik modal, dan tahun ke 3, 4, dan seterusnya, saya tinggal
mengumpulkan untung dan kemungkinan besar saya gunakan untuk ekspansi ke luar
daerah.
Perencanaan
Laba Rugi
INVESTASI
|
JUMLAH (Rp)
|
Biaya Tetap
|
|
Penyusutan
gedung dan peralatan
|
Rp.
5.000.000
|
Gaji Pegawai
|
Rp. 20.000.000
|
jumlah
|
Rp.
25.000.000
|
|
|
Biaya Variabel/Produksi
|
|
Kulakan baju
clothing
|
Rp. 15.000.000
|
jumlah
|
Rp.15.000.000
|
|
|
Biaya lain-lain
|
|
Listrik
|
Rp. 5.000.000
|
Transportasi
|
Rp.
6.500.000
|
Administrasi
|
Rp. 4.000.000
|
Kebersihan
|
Rp.
1.500.000
|
Pajak
|
Rp. 2.500.000
|
Total Biaya lain-lain
|
Rp.
19.500.000
|
Total Modal Pengeluaran
|
Rp. 59.500.000
|
|
|
Pendapatan
|
|
Pendapatan
aneka pakaian dan fashion
|
Rp.
200.000.000
|
Total Pendapatan
|
Rp. 200.000.000
|
|
|
Total Pendapatan
|
Rp. 200.000.000
|
Total Modal Pengeluaran
|
Rp.
59.500.000
|
Total Keuntungan Bersih
|
Rp. 140.500.000
|
PENUTUP
Harapan saya untuk
usaha “clothing” ini ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan
maju. Dan menjadi trendsenter masa kini.
Setelah melaksanakan usaha ini, saya dapat mengambil kesimpulan :
1.
Seorang pengusaha harus dapat mengetahui
manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan orang banyak dan
pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2.
Sebelum membuka usaha, seorang pengusaha
harus mengetahui kebutuhan konsumen, tujuan, dan sasaran yang akan dituju.
3.
Seorang pengusaha harus pintar dalam
mempromosikan produk yang mereka miliki, untuk menarik pembeli dan pelanggan
setianya.
Referensi :
Thanks sudah berbagi artikel yg memberikan inspirasi. Semoga makin banyak lagi yg menyalurkan ide-ide kreatif agar dapat memberikan inspirasi bagi orang lain.
BalasHapusSalam
Bogor Prime Cloth
www.facebook.com/bpr38
www.bpr38.ga
pin bb: 7D783702
Thanks sudah berbagi artikel yg memberikan inspirasi. Semoga makin banyak lagi yg menyalurkan ide-ide kreatif agar dapat memberikan inspirasi bagi orang lain.
BalasHapusSalam
Bogor Prime Cloth
www.facebook.com/bpr38
www.bpr38.ga
pin bb: 7D783702