Laporan Kegiatan Kewirausahaan
LAPORAN PENELITIAN KEWIRAUSAHAAN
"CLOTHING"
DISUSUN OLEH :
HELENA CHRISTY/23212372
S1-AKUNTANSI
BAHASA INDONESIA 2
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2014/2015
Judul
: Proposal Usaha “CLOTHING”
Nama
: Helena Christy
Kelas
: 3EB02
Proposal ini telah diterima dan disahkan pada :
Hari
:
Tanggal
:
Oleh :
Ketua
Jurusan/ Ka.
Prog.
Dosen
Pembimbing
…………………….. …………………………….
Mengetahui,
…………………………..
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang
Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, dan Anugerah-Nya, sehingga saya dapat
menyelesaikan penyusunan proposal ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat
sederhana. Semoga proposal ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan,
petunjuk maupun pedoman bagi pembaca. Adapun maksud dan
tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang
diberikan oleh dosen mata kuliah Bahasa Indonesia #.
Harapan saya semoga proposal ini
membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya
dapat memperbaiki bentuk maupun isi proposal ini sehingga kedepannya dapat
lebih baik.
Proposal ini saya akui masih
banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena
itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang
bersifat membangun untuk kesempurnaan proposal ini.
Depok,
10 Desember, 2014
Helena
Christy
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Dengan semakin
berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat sekarang ini terhadap
dunia fashion, maka kami membuka suatu usaha clothing yang update, terkenal
dikalangan anak remaja sekarang ini, dan mempunyai pelanggan yang setia serta
mengerti akan kebutuhan masyarakat dalam dunia fashion.
Perusahaan kami
bergerak di bidang perdagangan/clothing yang menjual berbagai aneka
pakaian serta fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera
anak remaja sekarang. Adapun kutipan dari perusahaan itu sendiri.
What we are…
“Dreambirds is a hand-made brand focusing on Integrity,
Originality, and Quality. Bringing
Jakarta and the country throughout, the best in street-wear inspired material since 2009. The founders of Dreambirds
provide well thought-out designs originating from
manually made, skilful illustrations and gorgeous paintings of realism
following a flawless application
to comfortable, numbered garments in limited batches, making each piece of clothing a masterpiece of art
worth to collect and wear with pride”!
Who we are…
“Dreambirds Artwear aims to inspire and convey a message to
everybody to engage in what they
love to do in life. In doing so motivates blissful positivity, delivering
happiness and enlightenment in
everyone’s lifestyle. Each month, we produce pieces of ourselves, expressing our emotions through the work of
art we earnestly dedicate our time with. We then
manually print our designs onto shirts, long sleeves, hoodies, and other
various pieces of clothing. From
there, it gets shipped to our loyal and wonderful customers throughout Indonesia spreading the words that
we keep true and dear to our hearts to “DREAM“,
“CREATE“, and to look forward to a brighter “FUTURE“. We.. Are Dreambirds! HOOT”!
DreamBird didirikan
untuk mempelopori kecintaan generasi anak muda sekarang dalam dunia fashion
yang update. Dengan motif produk tersebut tanpa melupakan corak dan ciri
khasnya. Usaha ini merupakan karya seni anak muda yang mempunyai motivasi yang
positif dalam pembuatan usaha tersebut.
Biasanya usaha ini
bertempat di daerah yang cukup terjangkau untuk anak-anak remaja sekarang
(sering disebut tempat anak gaul). Dan usaha ini juga sering mempromosikan
usahanya di event-event besar seperti jakcloth. Mereka mengakui bahwa kalau
kita mempromosikan dagangan kita ditempat-tempat yang cukup terkenal, maka kita
mendapatkan keuntungan yang cukup besar.
Visi :
1.
Mendapatkan keuntungan yang
sebesar-besarnya
2.
Menjadi usaha/karya seni fashion
terupdate yang sukses di Jakarta, bahkan di indonesia
3.
Menjadi produsen DreamBird nomor 1
Misi :
1.
Menciptakan karya seni baru dengan
motif-motif baru juga.
2.
Memberikan pelayanan yang baik dan ramah
untuk menarik pembeli.
3.
Menjual produk dengan harga yang bisa
terjangkau.
4.
Berpegang pada mottonya “DREAM“,
“CREATE“, and to look forward to a brighter “FUTURE“.
Perumusan Masalah
1.
Apakah produk yang anda jual memiliki
cirri khas yang berbeda dari yang lain?
2.
Bagaimana cara anda untuk mempromosikan
atau taget pasar apa yang anda lakukan?
3.
Adakah hambatan atau persaingan dalam
menjalankan usaha tersebut?
Tujuan Usaha
1.
Berperan aktif dalam bisnis dan
kewirausahaan
2.
Menyediakan berbagai kebutuhan fashion
bagi anak-anak remaja maupun masyarakat sekitar.
3.
Mengurangi tingkat pengangguran.
4.
Mendapatkan keuntungan yang besar.
5.
Menjalin persahabatan,komunikasi, dan
informasi antara pelanggan.
RINGKASAN
BISNIS
Profil Usaha
Nama Usaha :
DreamBird
Jenis Usaha :
Clothing
Alamat :
Komplek Kodam Jaya Blok S No. 1, Cililitan Kramat Jati, 13510, Jakarta Timur.
No. Tlp :
085781115564
Motto :
“DREAM”, “CREATE”, and to look forward to a brighter “FUTURE”. We are DreamBirds! HOOT!
Email :
dreambirds.co@gmail.com
Business Hour : Monday-Friday [10:00-22.00 WIB]
Reseller Inquiries : dreambirds.co@gmail.com
Gambaran Awal Usaha
Usaha
ini merupakan usaha saya yang pertama. Dalam tahap awal saya tidak meminjam
dana dari bank sebagai tambahan awal modal saya dalam mendirikan usaha ini.
Saya hanya memakai dana sendiri dan bantuan dari kedua orang tua saya, yang
menurut saya cukup untuk mendirikan usaha ini. Saya tidak menyewa tempat
sebagai lokasi usaha saya ini, saya hanya membuka usaha ini dirumah dengan
fasilitas yang menurut saya cukup dan lokasinya pun strategis. Karena, didaerah
tersebut banyak sekali peminat clothingan dreambird tersebut. Jadi saya tidak
takut untuk membuka usaha awal saya dirumah, “ya, siapa tahu usaha ini berjalan
lancar dan banyak peminatnya.”ujarnya.
KEGIATAN USAHA
Gambaran Produk
Produk
dreambird saya berdeda dari produk-produk yang lainnya. Saya mempunyai ide dan
inovasi tersendiri dalam menciptakan motif atau gambar yang berdeda. Saya tidak
hanya menjual pakaian kaos , tetapi saya juga menjual atau memproduksi kemeja,
jaket, sweater, celana jogger, topi, tas, dan aksesoris. Saya harap dengan ide
dan inovasi pada produk yang saya jual, dapat menarik para pembeli maupun
pelanggan semakin tertarik dan selalu memakai produk karya seni anak indonesia
masa kini, sehingga juga dapat meningkatkan omset maupun keuntungan penjualan
saya.
Gambaran
Penjualan
Sekarang ini, saya
membuka usaha saya ini ditempat yang cukup strategis, yakni di Komplek Kodam
Jaya Blok S No. 1, Cililitan Kramat Jati, 13510, Jakarta Timur. Tentu dalam
penjualan nanti, ada strategi-strategi penjualan yang akan saya pakai dalam
menarik calon pembeli atau pelanggan. Harapan saya dalam penjualan produk
tersebut nanti dapat berjalan dengan lancer dan sukses.
Gambaran Persaingan
Dalam
dunia bisnis seperti ini banyak sekali pesaing-pesaing yang menciptakan
produk-produk bagus juga. Saya pun juga mempunyai beberapa pesaing. Pengaruh
pesaing terhadap penjualan dreambird saya agak sedikit berpengaruh, karena
pesaing-pesaing tersebut ada yang sudah lama atau terlebih dahulu menjual
pakaian-pakaian seperti saya tapi dengan motif yang berbeda, kualitas produk
yang berdeda, dan dengan harga yang beda
tipis serta tempat berjualannya juga cukup strategis sehingga banyak orang yang
melakukan aktifitas disekitar tempat tersebut. Tapi saya yakin dengan produksi
saya sendiri yang mempunyai cirri khas yang menonjol dari produk-produk penjual
yang lain.
Target
Pelanggan
Target pelanggan dari
usaha ini adalah anak-anak muda, anak-anak remaja, maupun masyarakat sekitar
yang sedang terpengaruh oleh fashion-fashion yang baru, keren, dan memiliki
cirri khas yang berbeda.
Konsep
Promosi
Saya mempromosikan
produk saya melalui event-event besar seperti jakcloth, karena ditempat
tersebut banyak sekali anak-anak muda, remaja maupun orang tua yang sering
datang ketempat tersebut, bukan hanya untuk melihat konser music tapi mereka
bisa melihat-lihat pakaian yang dijual disana. Saya juga biasanya membuka
online shop, untuk lebih mudah mendekatkan kepada para pembeli dan saya pikir
jaringan internet itu luas jadi gampang buat promosi produk-produk saya,
keuntungannya pun besar.
Prespektif
Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya
tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion
dengan lokasi yang strategis, maka saya yakin usaha ini akan maju dan sukses ke
depannya. Karena, melihat kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan
masyarakat, khusunya kalangan anak muda dan remaja pada saat ini sangat besar
dan memiliki peluang yang sangat menguntungkan pula. Jadi, saya tidak takut
untuk memproduksi pakaian dan lainnya lebih banyak lagi.
Metodologi
Penelitian
Penelitian ini menggunakan Metode Wawancara yaitu tehnik pengumpulan data
yang sesuai berdasarkan laporan verbal dimana pada wawancara ini terdapat
dialog yang dilakukan oleh interviewer (pewawancara) untuk memperoleh informasi
dari interviewee (orang yang diwawancarai). Adapun interviewee yang peneliti
wawancarai adalah narasumber dan mahasiswa yang pernah mengikuti dengan objek
penelitian.
Response
para pelanggan
Kami sebagai supplier
juga membuat penilaian tentang barang/produk yang kami buat. Kami biasanya
memberikan selembar kertas yang isi nya tentang pesan dan kesan pada produk
yang kami jual dan juga pada pelayanan di toko kami. Hasil yang kami dapatkan :
1. 95%
mengatakan puas dengan produk yang kami jual, bahan dari produk sendiri
bagus dan motif gambarnya pun keren.
2. 3%
mengatakan bahannya panas dan tidak mudah menyerap keringat, dan pelayanannya
kurang memuaskan.
3. 2%
mengatakan pelayanannya tidak cepat, barng yang pengen dibeli rata-rata sudah
habis, tempatnya pun jauh.
PERENCANAAN
PERMODALAN
Sumber-sumber
permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian usaha DreamBird
yaitu dari pemilik usaha sendiri, sebagai investasinya untuk itu didirikanlah
usaha tersebut dalam bidang perdagangan atau clothing.
Proyeksi
Aliran Kas
Untuk usaha ini, saya
proyeksikan keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk usaha
saya ini, akan mampu menjual sekitar 100
juta per tahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih per tahun
sekitar 120 – 150 juta per tahun.
Sehingga pada tahun
kedua, sudah bisa balik modal, dan tahun ke 3, 4, dan seterusnya, saya tinggal
mengumpulkan untung dan kemungkinan besar saya gunakan untuk ekspansi ke luar
daerah.
KESIMPULAN
Dalam membuka usaha
ini, banyak keuntungan yang bisa di ambil oleh si pemilik usaha ini. Si pemilik
mengeluarkan modal yang cukup besar untuk membuka usaha ini, tapi dengan balik
modal atau keuntungannya pun juga cukup besar. Si pemilik juga memasarkan
produk-produknya ke daerah-daerah, karena dia juga membuka onlineshop untuk
mempermudah usahanya dan dengan biaya ongkir yang bisa dijangkau masyarakat
sekitar. Si pemilik pun sudah menargetkan berapa keuntungan maupun kerugian
yang akan didapat dalam membuka usaha ini.
Saran lebih memproduksi barang lebih banyak lagi, menjual berbagai macam motif dan membuka toko-toko di tempat yang strategi lagi. Supaya bisa dijangkau oleh pelanggan-pelanggan setia.
Saran lebih memproduksi barang lebih banyak lagi, menjual berbagai macam motif dan membuka toko-toko di tempat yang strategi lagi. Supaya bisa dijangkau oleh pelanggan-pelanggan setia.
Demikianlah laporan
penelitian yang saya buat. Semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan dan ilmu bagi para pembaca. Saya mohon maaf apabila ada kekurangan didalam laporan penelitian saya.
Sekian dan Terima Kasih.
Komentar
Posting Komentar