Kamis, 31 Oktober 2013

Kegiatan penelitian koperasi


Bagian-bagian dalam Koperasi UMKM dan Pasar


 

1)    Pak. Andi sebagai Koordinator Lapangan
2)    Ibu. Shinta sebagai Kepala Bidang Koperasi
3)    Pak. Sugeng sebagai Koordinator Lapangan dan Bendahara 


NO.
Hari/Tanggal
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Waktu
Paraf




1
  
Jumat, 25 Oktober 2013

Program Koperasi

 
Program unggulan yang terdapat didalam Koperasi adalah fasilitas pemberdayaan ekonomi mikro dan program fasilitas pemberdayaan ekonomi pemuda. Adapun rencana dokumen kerja ada 2 yaitu : pemberdayaan ekonomi pemuda dan fasilitas akses permodalan.







14.00-16.30








Planning Koperasi

 
Planning atau rencana sudah direncanakan setahun sebelumnya secara bertahap dalam UU No.16 tahun 1999 dari Kota administratif menjadi Kota pembentukan Depok.

Adapun Visi nya :
terwujudnya Koperasi, usaha mikro kecil dan menengah dan pasar yang sehat dan mandiri serta berdaya saing.

Adapun Misi nya :  
Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia aparatur SDM Koperasi, UMKM dan Pasar.
Meningkatkan kelembagaan Koperasi, UMKM dan Pasar.

 Meningkatkan produktisitas dan daya saing Koperasi UMKM dan pasar.






Kendala Koperasi

Modal dan pemasaran   (karena, terlalu banyak nya produk, dinas koperasi kurang mengoptimalkan pemasarannya sehingga dinas bingung memasarkan produk ).





Manfaat Koperasi

 

Manfaat adanya pembentukkan Koperasi dengan umur tidak terbatas yang dana nya diberikan atau didapat dari APBN untuk masyarakat yang memerlukan atau kurang mampu akan diberikan suatu barang bukan tunai. Seperti dibidang kuliner : kulkas, freezer, mesin giling, kompor gas dll. Dibidang fashion seperti : mesin jahit high speed, e
talase dll.




2.

Selasa, 29 Oktober 2013

Sosialisasi Koperasi terhadap anggota nya
Memiliki loyalitas atau bidang OPD (Organisasi permasyarakat daerah) atau dinas. Sehingga tercapainya visi dan misi dari dinas Koperasi.




15.00-17.00




Dinas koperasi dalam menyikapi seorang mahasiswa/mahasiswi yang sedang magang di kantor dinas Koperasi
Sikap nya positif, karena dengan adanya mahasiswa/mahasiswi yang sedang melakukan suatu kegiatan atau magang, supaya meringankan tugas pokok Koperasi dan mereka belajar ke jenjang didunia pekerjaan agar tidak canggung dan lebih siap dengan dunia pekerjaan yang baru.




Langkah – langkah dibentuknya Koperasi


Memberikan pembinaan, pelatihan => seperti contoh : SDM, Pemasaran, Akuntansi.

 Supaya Koperasi berkualitas dan mengerti tentang perpajakan.




3.


Kamis, 31 Oktober 2013
Langkah – langkah dinas dalam membantu produk – produk didalam Koperasi
memberikan pendampingan berupa modal yang berbentuk barang.

 Sarana pemasaran, melalui pameran diluar negeri maupun dalam negeri.



12.00-14.30



Metode Pencatatan Akuntasi dalam Koperasi
Menggunakan anggaran dan menggunakan akrual basis

Metode pencatatan akuntansi ada disetiap barang









Sistem apa saja yang digunakan dinas Koperasi




Online ke dinas pendapatan.
Semua system  menggunakan system akuntansi.
Periode akuntansi 1 tahun.
 Jurnal system pembukuan.
Laporannya menggunakan system bukan perpetual.






4.




Jumat,22 November 2013

Kendala atau kelemahan yang dihadapi koperasi UMKM.



Kendalanya adalah modal dan pemasaran (karena banyaknya produk yang akan dipasarkan).




11.00– 16.30




Program yang terdapat di koperasi UMKM depok yang sedang dijalani.




Delapan program unggulan terdapat di 8 dinas, 2 program unggulan tersedbut terdapat di Dinas Koperasi UMKM Depok, yaitu ekonomi mikro dan ekonomi pemuda.

Anggaran UMKM sudah sesuai dengan RPMD.




Brosur apa saja yang disebar dan disebar dimana saja brosur tersebut oleh koperasi UMKM.


Tempat  promosi di kecamatan tapos, cimanggis, beji, dan cipayung. Jadi, pelaku-pelaku UMKM disediakan tempat untuk memasarkan brosur-brosur tersebut (itc center, pasar agung, dsb). Membantu para pelaku UMKM (tanpa dipungut biaya) syaratnya harus penduduk depok dan memdapatkan bantuan seperti barang laptop, print, dll..






5.




Jumat,29 November 2013

Tugas Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan perdagangan.

Mempunyai tugas melaksanakan pembinaan, perlindungan, dan pengembangan koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah, dan perdagangan.



13.00-17.00




Fungsi Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Perdagangan.




Penyusunan, pelaksanaan rencana kerja dan anggaran Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan perdagangan.

Pembinaan dari pengawasan usaha perdagangan barang dan jasa, koperasi, usaha mikro, kecil, menengah,  perdagangan, dan pemasaran.

Pelayanan, pembinaan, dan pengendalian rekomendasi, sertifikat, dan atau perizinan koperasi, usaha mikro, kecil, menengah, dan perdagangan.

Pemberian dukungan teknis kepada masyarakat dan perangkat daerah.

Penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penyuluhan, dan bimbingan teknis perkoperasian, usaha mikro, kecil, menengah, dan perdagangan.




6.




Sabtu,30 November 2013

Potensi yang dimiliki Koperasi UMKM pasar segar





UMKM di pasar segar depok memiliki potensial yang cukup amat tinggi untuk membantu dan memfasilitaskan untuk warga depok membuka usaha menengah.

Disini mereka juga menomor satukan watga yang benar-benar ingin membuka usaha sendiri untuk mencapai kelangsungan hidupnya .





10.00-16.00





7.




Kamis,05 Desember 2013

Siapa saja yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Koperasi UMKM dan Tujuan dari kegiatan tersebut.


Tidak hanya kalangan orang tua saja yang ikut UMKM tetapi kalangan anak muda, mahasiswa bahkan siswa anak SMA atau SMK yang telah memiliki KTP.

Depok pun banyak yang ingin membuka usaha menengah yang fasilitasnya disediakan oleh UMKM pasar segar depok.

Disini karyawan atau pemuda depok mendirikan UMKM agar warga depok bisa membuka usaha secara mandiri.






14.00-17.00





8.




Rabu,11 Desember 2013

Membahas laporan keuangan koperasi UMKM dan Pasar.



Pewawancara  yang diwakili oleh Murni Wanti dan Helena Christy, menemui Pak Sugeng sebagai koordinato lapangan dan bendahara koperasi untuk menanyakan sistem akuntansi secara lebih rinci.

Pak Sugeng memperlihatkan contoh laporan keuangan yang mereka buat. Namun, kami tidak diperbolehkan untuk mengambil, memfoto, atau mengutip isi dari laporan tersebut karena bersifat rahasia. Selama wawancara berlangsung kami dan pihak koperasi saling berdiskusi.

Tentang ilmu pencatatan laporan keuangan. Laporan keuangan yang mereka buat sedikit berbeda dengan apa yang kami pelajari. Oleh karena itu, pihak koperasi tertarik untuk kami dapat memaparkan ilmu yang kami peroleh dalam perkuliahan kami.






10.30-17.00



9.




Senin,23 Desember 2013

Kelompok berdiskusi tentang ilmu akuntansi yang dipelajari.



Seperti yang telah disepakati, kami kembali ke koperasi UMKM dan Psar untuk berdiskusi kembali tentang laporan keuangan dan sistem pencatatannya. Pertama, kami memaparkan tentang menjurnal, posting ke buku besar, lalu membuat laporan baik neraca, laba rugi, perubahan modal, dan arus kas. Kami juga memaparkan ilmu ekonomi lain yang dapat mendukung sebuah sistem pencatatan akuntansi.

Hasil yang kami diskusikan ialah pada dasarnya pencatatan yang mereka gunakan sama dengan apa yang kami pelajari. Hanya saja, karena perbedaan keperluan maka akun yang dipergunakan berbeda.








12.00-17.00



10



Jumat,10 Januari 2014

Berdiskusi tentang akuntansi biaya, manajemen keuangan, akuntansi keuangan menengah dan ilmu penunjang akuntansi lainnya.



Ilmu tersebut sangat penting untuk memudahkan membuat laporan yang baik dan benar. Saat kami menemuibagian administrator dan pekerja lain mengurus koperasi kecil yang mereka bantu kembangkan. Pihak koperasi yang kami temui berjanji untuk menyampaikan ilmu tersebut pada koperasi-koperasi dibawah mereka. Agar koperasi kecil yang baru merintis usahanya dapat menggunakan ilmu ekonomi yang berguna dalam menjalankan usahanya.





11.00-16.30



11




Sabtu,11 Januari 2014

Dampak apa yang terjadi setelah diskusi.







Seluruh anggota kelompok mendatangi kembali pihak koperasi dan pasar.

Hasilnya, laporan keuangan mereka kini lebih efektif, mereka menyampaikan ilmu yang kami pergunakan pada koperasi kecil yang baru mau merintis usahanya dan menjadi patner koperasi mereka. Pihak koperasi baru mulai mengaplikasikan ilmu yang kamu sampaikan. Oleh karena itu, mereka lebih mudah menyampaikan laporan keuangan mereka kepada koperasi UMKM dan pasar yang kami temui tersebut sekaligus patner koperasi mereka

Dan pihak koperasi UMKM dan Pasar pun kini lebih efisien mengerjakan laporan keuangan, hasil dari penggabungan koperasi kecil yang mereka naungi. Memang perubahannya belum besar dan masih memerlukan proses. Namun, setidaknya ada dampak yang baik yang dirasakan koperasi tersebut.











11.00-17.00





12




Kamis,16 Januari 2014

Struktur Bidang Bina Koperasi





Yang terdiri dari : kepala Bidang Bina Koperasi, Kepala seksi Bina Lembaga Koperasi, Kepala Seksi Bina Usaha dan Fasilitasi Permodalan Koperasi, dan Pelaksana.




11.00-17.00




Pelaksanaan Pelatihan Perkoperasian Tingkat dasar.



Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 23-26 April 2013, bertempat di Pusdiklat Graha Insan Cita. Kegiatan diikuti oleh 50 peserta.





Pelaksanaan Pelatihan Akses Fasilitasi Permodalan bagi Koperasi.



Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2013, bertempat di Pusdiklat Graha Insan Cita.










13








Jumat,17 Januari 2014

Perkembangan koperasi UMKM dan Pasar













Dinas ini merupakan hasil penggabungan 2 (dua) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) berdasarkan Perda Kota Depok Nomor 16 Tahun 2003 tentang Pembentukan Satuan Kerja Perangkat Daerah yaitu Kantor Koperasi dan UMKM dan Dinas Pengelola Pasar. Sedangkan pelaksanaan tugas, fungsi dan tata kerja Dinas Koperasi, UMKM dan Pasar

Berdasarkan Pasal 2 ayat (1) huruf d angka 10 Perda Nomor 08 Tahun 2008 dibentuk Dinas Koperasi, UMKM dan Pasar yang mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan dan tugas pembantuan dibidang kelembagaan dan pemberdayaan koperasi, pemberdayaan UMKM, pengelolaan pasar dan retribusi, pengawasan, monitoring dan evaluasi.









13.00-17.00




Link yang dapat kita terlusuri


www.depkop.go.id (Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil)
www.depok.go.id (Portal Berita Resmi Pemerintah Kota Depok)
www.sentrakukm.com (Portal sentra UKM)
www.smecda.com (Kementerian Koperasi dan UKM)
www.indonesian-products.biz (Portal Produk KUKM)




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar