Senin, 29 September 2014

PENALARAN

Tema : Pentingnya Peningkatan Pola Pikir Mahasiswa Terhadap kemajuan IPTEK

Penalaran, sebenarnya kata penalaran mempunyai banyak arti kata yang bisa mewakili apa itu penalaran? Penalaran itu sendiri bisa dibilang mengerti, memahami, menangkap, daya pikir, pintar, cerdas, dan lain sebagainya. Jadi, penalaran adalah jalan pola pikir yang menerima informasi dengan baik, memberikan sebuah kesimpulan yang sebelumnya tidak diketahui.


Definisi penalaran menurut beberapa ahli
Menurut Shurter dan Pierce, istilah penalaran sebagai reasoning yang didefinisikan sebagai proses pencapaian kesimpulan logis berdasarkan fakta dan sumber yang relevan (Dahlan, 2004).


Menurut Keraf (dalam Shadiq, 2004) penalaran adalah proses berfikir yang berusaha menghubungkan fakta-fakta menuju suatu kesimpulan.

Penalaran adalah suatu proses berpikir yang berusaha menghubungkan hubungkan fakta-fakta yang diketahui menuju kepada suatu kesimpulan. Penalaran bukan saja dapat dilakukan dengan mempergunakan fakta-fakta yang masih berbentuk polos, tetapi dapat juga dilakukan dengan kalimat-kalimat yang berbentuk pendapat atau kesimpulan. Kalimat tersebut dalam hubungannya dengan proses berpikir tadi di sebut proposisi. Proposisi dapat kita batasi sebagai pernyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya atau dapat ditolak karena kesalahan yang terkandung didalamnya. 

Penalaran dibagi menjadi dua metode, yaitu :
1.     Metode Induktif
Metode yang digunakan dalam berpikir dengan bertolak dari hal-hal khusus ke umum. Penalaran induktif juga digolongkan menjadi tiga, yaitu :
1)    Generalisasi
Proses penalaran berdasarkan pengamatan atas sejumlah gejala dengan sifat-sifat tertentu untuk menarik kesimpulan mengenai semua atau sebagian dari gejala serupa.
Contoh:
Orang Indonesia peramah; Bangsa Jepang adalah pekerja yang ulet; Orang Batak pandai menyanyi.
2)    Analogi (Analogi Induktif), yaitu proses penalaran untuk menarik suatu kesimpulan/inferensi tentang kebenaran suatu gejala khusus berdasarkan kebenaran gejala khusus lain yang memiliki sifat-sifat esensial yang bersamaan.
Contoh:
Siswa di Medan berseragam; siswa di Jakarta berseragam; siswa di Papua juga berseragam. Jadi, dapat dianalogikan bahwa siswa di Semarang juga berseragam.
3)    Hubungan Sebab-Akibat
Menurut prinsip umum, semua peristiwa ada penyebabnya. Jangan menarik kesimpulan (sebab-akibat) yang tidak sah. Misalnya, orang menghubungkan suatu wabah atau penyakit dengan kutukan dewa atau tempat tertentu yang dianggap keramat. Hubungan sebab-akibat antarperistiwa dapat berupa: hubungan sebab ke akibat, akibat ke sebab, atau akibat ke akibat.
2.    Metode deduktif
Metode yang digunakan dalam berpikir dengan bertolak dari hal-hal umum ke khusus. Contoh: Masyarakat Indonesia konsumtif (umum) dikarenakan adanya perubahan arti sebuah kesuksesan (khusus) dan kegiatan imitasi (khusus) dari media-media hiburan yang menampilkan gaya hidup konsumtif sebagai prestasi sosial dan penanda status sosial.
1)    Premis
Premis adalah pernyataan yang digunakan sebagai dasar penarikan kesimpulan.Kemudian premis dapat dibedakan dengan premis mayor (premis yang termnya menjadi predikat), dan premis minor (premis yang termnya menjadi subjek).
Contohnya :
Semua Tanaman membutuhkan air
Akasia adalah tanaman
Akasia membutuhkan air.
2)    Silogisme
Silogisme adalah suatu proses penarikan kesimpulan secara deduktif. Silogisme disusun dari dua proposisi ( pernyataan ) dan sebuah konklusi ( kesimpulan ).
Contohnya :
Barang siapa melanggar peraturan harus dihukum
Ia melanggar peraturan
Ia harus dihukum.
3)    Entimem
Entimem adalah penalaran deduksi secara langsung. Dan dapat dikatakan pula silogisme. Tetapi di dalam entimem premisnya dihilangkan / tidak diucapkan karena sudah sama-sama diketahui.
Contohnya :
Proses fotosintesis memerlukan sinar matahari
Pada malam hari tidak ada matahari
Pada malam hari tidak mungkin ada fotosintesis.
4)    Proposisi
Proposisi adalah kalimat logika yang merupakan pernyataan tentang antara dua atau beberapa hal yang dapat dinilai benar atau salah.Proposisi merupakan suatu kegiatan rohani baik menyuguhkan atau mengingkari.
Contohnya :
Proposisi yang menyuguhkan “Semua orang Negro hitam” dan
proposisi yang mengingkarinya “Semua orang Negro tidak hitam”.
5)    Term
Term adalah suatu kata atau kelompok kata yang menempati subjek (S) dan predikat (P). Tidak semua kata adalah term , meskipun setiap term itu adalah kata atau kumpulan kata pada dirinya sendiri merupakan ekspresi verbal dari pengertian, dan bahwa tidak semua kata pada dirinya sendiri sebagai subyek atau predikat didalam suatu proposisi.
Contohnya :
Orangtua asuh, Pecinta Alam. Binatang, dll

Ciri- Ciri Penalaran :
1)    dilakukan dengan sadar
2)    didasarkan atas sesuatu yang sudah diketahui
3)    Sistematis
4)    terarah, bertujuan
5)    menghasilkan kesimpulan berupa pengetahuan, keputusan atau sikap yang baru
6)    sadar tujuan
7)     premis berupa pengalaman atau pengetahuan, bahkan teori yang telah diperoleh
8)    pola pemikiran tertentu

9)    sifat empiris rasional

Dalam kata penalaran atau nalar, saya ambil contoh : pada saat kita main sebuah permainan teka-teki atau tebak-tebakkan gambar,kata, dan gaya, atau kalimat-kalimat, pasti kita berpikir jawaban apa yang tepat? Kesimpulan dari pertanyaan itu? Bagaimana jawaban itu benar tapi jawaban kita mendekati jawaban yang benar tersebut? Semua pertanyaan itu meliputi pikiran kita.

1.     Seorang ibu rumah tangga, mempunyai seorang anak bayi. Pada siang hari, Ibu tersebut sedang memasak didapur, mempersiapkan makan siang bagi keluarganya. Saat ibu tersebut memasak didapur, terdengar tangisan bayi yang sangat kencang, ibunya pun langsung menghampiri anaknya dan menggendong anaknya lalu memberikan susu kepada anaknya. Dari kejadian tersebut, ibu itu bisa menyimpulkan dari tangisan anaknya bahwa anaknya merasa lapar atau haus, bisa juga anaknya tidak merasa nyaman saat tidur.
2.     Ada seorang pria memakai kain sarung dan disebelahnya ada bantal, jadi kita bisa menyimpulkan dengan sarung bantal atau ada tulisan R.I.P lalu gambar rusa dalam kata rusa, u diganti a, kata R.I.P bisa diartikan sebagai meninggal, mayat, mati… jadi kita cari kata-kata yang tepat untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, jawabannya adalah mati rasa.


Cara menguji data
Data dan informasi yang di gunakan dalam penalaran harus merupakan fakta. Di bawah ini beberapa cara yang dapat di gunakan untuk pengujian tersebut.
1.     Observasi
2.     Kesaksian
3.     Autoritas

Cara menguji fakta
Apakah data atau informasi yang kita peroleh itu merupakan fakta,maka harus diadakan penilaian. Cara menguji fakta tersebut dilakukan dengan dua cara atau dua jenis menguji fakta tersebut dapat digunakan sehingga benar-benar memperkuat kesimpulan yang diambil.
1.     Konsistensi
2.     Koherensi

Cara menilai autoritas
Penulis yang baik akan membedakan pula apa yang hanya merupakan pendapat saja atau pendapat yang sungguh-sungguh didasarkan atas penelitian atau data eksperimental.
1.     Tidak mengandung prasangka
2.     Pengalaman dan pendidikan autoritas
3.     Kemashuran dan prestise

4.     Koherensi dengan kemajuan

Tema yang saya ambil adalah pentingnya peningkatan pola pikir mahasiswa terhadap kemajuan IPTEK.  kenapa? Maksud dari tema tersebut apa? adalah karena, pendidikan atau akademis diberikan mahasiswa untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya pada jurusan atau fakultas yang mereka pilih dapat turut memajukan bangsa dalam pembangunan nasional. Dan bertujuan supaya para mahasiwa mampu memahami dan melaksanakan hak dan kewajibannya dengan baik juga bertanggungjawab bagi bangsanya, mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta pemahaman tentang beragam masalah dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, mampu memupuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai dan norma, dan juga mampu berpikir kreatif untuk menciptakan sebuah lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang kurang mendapatkan pekerjaan.

          Mahasiswa selalu menjadi bagian dari perjalanan sebuah bangsa, pemikiran yang kritis, demokratif, dan konstruktif yang membuat para mahasiswa mampu mengeluarkan pendapatnya didepan umum maupun di sosial media dengan cara mereka sendiri. Bukan bagi mahasiswa saja tapi semua kalangan masyarakat yang sekarang makin kritis, demokratis, dan konstruktif dalam kemajuan IPTEK sekarang dengan adanya berbagai sosial media yang merajalela mampu menghipnotis semua kalangan dari yang kecil maupun besar sudah bisa menggunakan atau menyikapi penggunaan sosial media dengan keperluan mereka masing-masing. Sekarang banyak mahasiswa maupun kalangan masyarakat sekitar bisa menciptakan lapangan pekerjaan lewat IPTEK itu sendiri, contohnya dengan membuat online shop, menjual atau mengiklankan barang-barang yang tidak terpakai ke sosial media, menjual rumah atau tanah, dan masih banyak yang lainnya. Perkembanagan IPTEK membawa pengaruh yang besar terhadap kehidupan social dan kebudayaan umat manusia, yang meliputi beberapa aspek antara lain komunikasi, transportasi, mekanisasi industri, pertanian dan persenjataan, termasuk di dalamnya adalah pendidikan. Meskipun masih ditemukan kendala yang merupakan faktor penghambat bagi upaya pengembangan iptek, terdapat peluang yang dapat berperan untuk mendukung keberhasilan pembangunan iptek. Kepedulian terhadap pengembangan kualitas SDM merupakan peluang yang besar untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan SDM iptek. Kelancaran arus perdagangan, investasi, transaksi, dan alih teknologi di bidang ekonomi dan industri dapat menyebabkan perubahan nilai sosial budaya yang dapat berpengaruh terhadap perubahan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak suatu bangsa yang juga akan membuka peluang untuk mendorong kemajuan iptek.

          Banyak sekali kalangan mahasiswa maupun mahasiswi atau ibu-ibu rumah tangga yang sudah menggunakan kemajuan IPTEK itu sendiri dengan baik, contohnya membuka usaha atau bisnis online shop. Dengan kemajuan IPTEK tersebut banyak nama-nama online shop terkenal seperti zara, lazada, kaskus, toko bagus, dan lain sebagainya yang sudah menjadi trend dikalangan masyarakat sekitar. Karena, banyaknya dan gampangnya kita berbelanja dengan cara online kita tidak usah repot-repot untuk pergi langsung ke mall, kita tinggal langsung liat online shop yang kita anggap bagus, murah, dan terpercaya untuk kita pesan barangnya. Contohnya online shop lazada atau zara, kita tinggal buka webnya www.lazada.com, kita klik disitu dihalaman depan sudah terpampang berbagai macam jenis barang atau produk yang kita cari dari segi macam tas, sepatu, pakaian, aksesoris, perlengkapan bayi, otomotif, kamera dan keperluan rumah tangga lainnya. Barang ataupun produk yang dijual juga dikhususkan bagi wanita, pria,maupun anak-anak. Disitus web tersebut juga menyediakan kemudahan dalam berbelanja dari biaya pengirimannya gratis, ada garansi pengembalian, pembayaran bisa dilakuakn langsung ditempat atau ditransfer, dan tersedia customer service yang bisa membantu anda dalam pertanyaan atau keluhan terhadap barang yang ada pesan atau keterlambatan dalam pengirimannya. Sebenarnya, dengan adanya onlie shop, penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi tanpa harus bertatap muka secara langsung. Hal ini menjadikan transaksi menjadi lebih cepat dan mudah. Tentu dalam membuat online shop banyak sekali keuntungan maupun kekurangan dari berbelanja online tersebut.


Harga yang disediakan pun bermacam-macam, dilihat dari jenis atau bentuk barang tersebut, motif dari barang tersebut, dan kualitas barangnya. Harga barang wanita, pria, dan anak-anak berbeda-beda.
1.     Jenis-jenis item wanita
1)    Pakaian
·        Kaos dan atasan, harga mulai dari Rp. 49.000- Rp. 1.400.000
·        Pakaian renang, harga mulai dari Rp.100.000 – Rp. 800.000
·        Rok wanita, harga mulai dari Rp. 89.900 – Rp. 250.000
·        Dress, harga mulai dari Rp. 89.000 – Rp. 1.959.000
·        Celana pendek&panjang, harga mulai dari Rp.75.000–Rp. 1.400.000
2)    Sepatu
·        Flat shoes, harga mulai dari Rp. 50.000 – Rp. 570.000
·        Heels, harga mulai dari Rp. 120.000 – Rp. 899.000
·        Sandal, harga mulai dari Rp. 79.000 – Rp. 599.000
·        Sneakers, harga mulai dari Rp. 59.500 – Rp. 899.000
·        Wedges, harga mulai dari Rp. 110.000 – Rp. 1.999.000
·        Boots, harga mulai dari Rp. 152.500 – Rp. 1.290.000
3)    Tas
·        Tas selempang, harga mulai dari Rp. 39.000 – Rp.2.000.000
·        Tas genggam, harga mulai dari Rp. 55.000 – Rp. 759.000
·        Tas bahu, harga mulai dari Rp. 39.000 – Rp. 2.299.500
·        Top handle, harga mulai dari Rp. 50.000 – Rp. 4.479.200
·        Tote bag, harga mulai dari Rp. 49.000 – Rp. 1.750.000
·        Women purses, harga mulai dari Rp. 35.000 – Rp. 1.285.000
4)    Aksesoris
·        Kalung, harga mulai dari Rp. 15.000 – Rp. 2.150.000
·        Anting, harga mulai dari Rp. 12.590 – Rp. 1.299.000
·        Gelang, harga mulai dari Rp. 22.000 – Rp. 599.000
·        Cincin, harga mulai dari Rp. 17.000 – Rp. 625.000
2.     Jenis-jenis item pria
1)    Pakaian
·        Kaos, harga mulai dari Rp. 45.000 – Rp. 768.000
·        Kemeja, harga mulai dari Rp. 89.000 – Rp. 759.000
·        Sweater, harga mulai dari Rp. 99.000 – Rp. 400.000
·        Jaket, harga mulai dari Rp. 85.000 – Rp. 919.500
·        Celana pendek&panjang, harga mulai dari Rp. 78.000 – Rp. 789.000
2)    Jam tangan, harga mulai dari Rp. 109.000 – Rp. 25.237.000
3)    Tas
·        Tas punggung, harga mulai dari Rp.89.900 – Rp. 2.650.000
·        Tas selempang, harga mulai dari Rp. 48.500 – Rp. 4.029.000
4)    Dompet, harga mulai dari Rp. 51.500 – Rp.2.099.000
3.     Pakaian anak-anak, harga mulai dari Rp. 79.000 – Rp. 279.000



































































































Keuntungan yang bisa kita dapat dari berbelanja online itu sendiri, yaitu :
1.     Tidak usah keluar rumah, panas-panasan, atau kehujanan untuk membeli barang yang kita inginkan. Kita bisa berbelanja dari rumah, tinggal cari mana web online shop yang kita mau lalu klik kemudian pesan barang yang kita inginkan.
2.     Menghemat waktu dan tenaga dalam berbelanja online.
3.     Harga relative murah dan terjangkau.
4.     Anda bisa berbelanja online kapan pun yang anda mau tidak usah merasa takut kalau toko atau online shop tutup karena online shop tidak pernah tutup dan standby seharian penuh.
5.     Tidak perlu pindah-pindah toko dari toko satu ke toko berikutnya, anda hanya perlu mencari halaman web online shop dari internet dan pilih berbagai macam item yang terdapat disana.
6.     Tidak perlu repot untuk membandingan antara barang dan harga. Karena di berbelanja online menyediakan perbandingan produk dan anda dapat dengan mudah memutuskan barang yang anda pesan nanti.
7.     Banyak diskon-diskon yang dikeluarkan dari situs-situs berbelanja online untuk menarik para pelaggan.
8.     Belanja online bisa dilakukan segala usia.

Kerugian yang bisa kita dapat dari berbelanja online, yaitu :
1.     Ada jeda waktu antara pembayaran dan pengiriman barangnya.
2.     Kita tidak bisa secara langsung mencoba pakaian atau barang yang kita pesan, cocok atau tidak cocoknya barang yang kita pesan.
3.     Biasanya ada biaya tambahan dalam pengirimannya atau dikenakan pajak, bahkan ongkirnya bisa naik dari sebelumnya.
4.     Banyaknya modus atau penipuan dalam pembayaran melalui kartu debet maupun kredit.
5.     Biasanya barang yang kita pesan tidak sesuai dengan apa yang kita dilihat digambarnya dan dalam pengiriman mungkin terjadi kerusakan dan tidak dapat dikembalikan.
6.     Mudah tergiur oleh barang-barang online, dalam sehari kita bisa langsung pesan barang 5-7 barang dan menyebabkan pengeluaran membengkak.
7.     Adanya penipuan


CEO LAZADA








Dari kemajuan IPTEK itu sendiri, banyak sekali pro dan kontra yang terjadi. Disalah satu sosial media, ada kontrovesi lazada sekilas kutipannya “Meski baru berkembang kurang dari setahun, LAZADA menuai banyak kontroversi. Dominasi warna biru dan oranye serta tampilan antar muka dengan sidebar kategori produk yang mirip dengan Amazon, LAZADA kerap dianggap sebagai duplikasi Amazon yang diaplikasikan pada pasar regional Asia . Kontroversi kedua muncul pada saat Managing Director, Susie Sugden mengundurkan diri pada bulan Mei 2012, tak lama setelah CEO Zalora , Nadim Makarim mengundurkan diri . Pengunduran dua personel kunci mengundang pertanyaan di kalangan praktisi industri internet yang bertanya-tanya tentang apa yang terjadi dengan perusahaan e-commerce ini”. Satu lagi, kesalahpahaman dari pihak BNI terhadap lazada UPDATE 10/12/12 “Pagi ini ini pihak BNI Card Center menelpon saya mengatakan bahwa telah terjadi kesalahpahaman antara saya dan lazadadikarenakan kelalaian mereka (CS BNI), benar adanya bahwa pihak lazada telah merefund dana saya sebesar 139.000 (29/11/12) bukan sebaliknya yg dikatakan oleh CS BNI CC bahwa dana saya telah didebet. Jadi masalah ini telah clear, dan saya juga mohon maaf kepada pihak lazada yg telah saya jelekkan nama baiknya. Demikian saya sampaikan”. Tidak semua barang yang kita pesan sesuai dengan apa yang kita pesan, ada yang sesuai dengan pesanan kita malah ada yang tidak puas dengan barang itu sendiri, dalam hal pengiriman dan pembayaran yang kadang tepat waktu ataupun keterlambatan dalam pengiriman dan pembayarannya. Sebenarnya, dengan adanya customer services itu membuat kita lebih mudah mendapatkan info dalam hal pengiriman dan pembayaran yang terlambat, biasa pengiriman barang sudah ditentu kan saat kita memesan barang contohnya pesan tas disebelah kana nada jangka atau batas waktu pengirimannya kira-kira 2-5 hari jam kerja dan kalau barangnya sudah sold out disitu juga dikasih tau pada gambar barangnya sudah sold out, dalam hal pembayaran kita juga sudah dikasih tau cara-cara dalam membayar, biasanya barang berbentuk tas atau keperluan rumah tangga pembayarannya dilakukan secara transfer sedangkan barang seperti pakaian atau aksesoris biasanya pembayarannya bisa dilakukan ditempat maksudnya saat kita memesan barang itu kita bisa langsung balas barangnya bisa diantar hari ini juga dan bayar hari ini juga langsung dari rumah dan pembayaran yang secara langsung biasanya barangnya diantar langsung juga oleh lazadanya, jadi tidak ada penipuan diantara penjual dan pembelinya.


Jadi, kesimpulan dari berbelanja online sebenarnya sudah memiliki resikonya masing-masing dari segi keuntungan yang kita dapatkan dan kerugian yang bisa kita dapatkan juga bahkan kesalahpahaman bisa kita dapatkan juga. Tetapi semua itu bisa diatasi dengan keyakinan kita kalau dalam berbelanja online atau membuka bisnis online bisa mendapatkan keuntungan atau pendapatan yang cukup besar. Kita bisa belajar bagaimana kita berkomunikasi dan  melayani dengan baik kepada konsumen untuk menawarkan produk-produk yang kita miliki dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Bukan hanya uang yang kita bisa dapatkan tapi pengalaman bisnis kita dalam online shop dalam memperbaiki lapangan pekerjaan di masa yang akan datang. Kita juga sebagai pembeli juga harus teliti dalam membeli atau memilih situs online shop yang sudah banyak digandrumi oleh masyarakat, mungkin dari persentasenya dari online shop tersebut atau mencari informasi tentang situs online shop yang cepat.mudah, dan terpercaya kepada teman-teman anda.



Gambar :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar