Pengantar Bisnis (Ruang Lingkup Bisnis)
Nama : Helena Christy
Kelas : 1EB09
NPM : 23212372
NPM : 23212372
Tugas : Ruang Lingkup Bisnis
Dosen : Ibu.Sri Rahayu
*Tugas 1
1. 1. Pengertian
Bisnis dan Jenisnya
Bisnis adalah suatu proses kegiatan
ekonomi/organisasi yang menghasilkan barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan
untuk kelangsungan hidupnya dan mempertinggi nilai guna barang atau jasa
tersebut sehingga proses produksi berjalan dengan efektif dan efisien. Dalam
perekonomian ada pihak-pihak tertentu yang khusus melakukan produksi dan
melakukan konsumsi.
v Beberapa pengertian bisnis menurut
para ahli,antara lain :
1) Mahmud Machfoedz
Bisnis
adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang
terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau
jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
2) Brown and petrello (1976)
“Business
is an institution which produces goods and services demanded by people.”
Artinya bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang
dibutuhkan oleh masyarakat.
3) Steinford (1976)
“Business
ia all those activities involved in providing the goods anol services needed or
desired by people.” Dalam pengertian bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan
barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen.
4) Allan Afuah (2004)
Bisnis
merupakan sekumpulan kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang
berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan
jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas
hidup mereka.
5) Griffin dan Ebert (1996)
“Business
is an organization that provides goods or services in order to earn provit.”
Dalam pengertiannya, aktifitas bisnis melalui penyediaan barang dan jasa
bertujuan untuk menghasilkan profit (laba).
v Pada dasarnya ada beberapa
jenis-jenis bisnis antara lain,yaitu :
a. Bisnis harus mampu memadukan 4 macam
sumber daya :
Ø Sumber Daya Materi
Ø Sumber Daya Manusia
Ø Sumber Daya Keuangan
Ø Sumber Daya Informasi
b. Jenis Bisnis :
Ø Perdagangan
Ø Penyimpanan
Ø Pembelanjaan
Ø Bisnis Pemberian Informasi
Ø Bisnis ekonomi
Ø Bisnis Perniagaan
Ø Bisnis periklanan
Ø Bisnis ekstraktif
Ø Bisnis agrasi
Ø Bisnis industry
Ø Bisnis jasa
Ø Bisnis transformasi dan komunikasi
Ø Bisnis warung internet
Ø Bisnis asuransi
Ø Produksi bahan mentah, dan lain
sebagainya.
2. 2. Tujuan Kebijakan Bisnis antara
lain,yaitu :
1) Melindungi usaha kecil dan menengah
2) Melindungi lingkungan hidup
sekitarnya
3) Memperbaiki kelangsungan hidup mereka
4) Penerapan kebijakan moneter dan
fiscal yang bersifat kontraktif untuk mengontrol jumlah uang beredar, sehingga
tingkat inflasi berada pada level yang ditargetkan.
5) Pembangunan proyek-proyek padat karya
yang banyak menyerap tenaga kerja dan program pemberdayaan usaha kecil menengah
(UKM) untuk mengatasi masalah pengangguran.
6) Melakukan penelitian dan pengembangan
untuk mencari sumber energy alternatif sebagai pengganti BBM. Misalnya,
pengembangan bahan bakar gas dan biomassa.
7) Mendapatkan laba
8) Meningkatkan investasi di Indonesia,
baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.
3. 3. Sistem
Perekonomian dan Sistem Pasar
Sistem ekonomi adalah kombinasi dari
berbagai instansi,konsumen, dan entitas yang menyediakan struktur ekonomi yang
mendefisnisikan komunitas sosial. Atau cara masyarakat memilih menggunakan alat
pemuas kebutuhan yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tak
terbatas jumlahnya.
v Ada 4 macam sistem ekonomi,yaitu :
1) Sistem Ekonomi Tradisional
Perekonomian
didasarkan pada kebiasaan yang ada dimasyarakat secara turun-temurun dab
biasanya kegiatan ekonomi terbatas apada hal produksi dan konsumsi. Contoh :
Jangan gunting kuku malam-malam ; jangan duduk didepan pintu karena tidak baik
dan sebagainya.
§ Ciri-ciri ekonomi tradisional :
o
Tidak
ada pembagian kerja.
o
Dalam
transaksi menggunakan barter.
o
Kegiatan
produksi dilakukan jika dibutuhkan saja.
o
Teknologi
sederhana.
§ Kelemahan ekonomi tradisional :
o
Produktifitas
rendah.
o
Kegiatan
ekonomi dilakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan dasar.
o
Susah
menerima kemajuan teknologi.
2) Sistem Ekonomi
Liberal/Kapital/pasar/bebas
Perekonomian
didasarkan pada harga dan produksi ditentukan oleh permintaan dan penawaran
dipasar bebas tanpa campur tangan pemerintah.
§ Ciri-ciri ekonomi Liberal/Kapital :
o
Adanya
pengakuan hak pribadi.
o
Setiap
pribadi bebas bertindak dan memilih.
o
Harga
dibentuk dipasar secara bebas.
o
Tugas
pemerintah terbatas pada hal menjaga ketertiban dan keamanan.
o
Semua
kegiatan ekonomi dilakukan untuk mendapatkan label.
§ Kelemahan ekonomi liberal/capital :
o
Adanya
konsentrasi kepuasan ekonomi yang mengarah pada monopoli.
o
Menimbulkan
ketidakmerataan pembagian hasil pembangunan.
o
Menimbulkan
eksploitasi terhadap kaum lemah oleh kaum yang kuat.
3) Sistem Ekonomi
Sosialis/Terpimpin/Komando/Terpusat
Sistem
ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam
mengendalikan perekonomian.
§ Prinsip ekonomi Sosialis :
o
Mewujudkan
kesamaan secara nyata.
o
Menghapus
pemilikkan secara individu.
o
Mengatur
produksi dan distribusi secara kolektif.
§ Ciri-ciri ekonomi sosialis :
o
Terdapat
pembatasan yang luas terhadap kegiatan individu.
o
Jalannya
perekonomian diatur oleh Negara dan direncanakan secara sentral.
o
Alat
produksi dimiliki dan dikuasai oleh Negara.
o
Pertanggungjawaban
perekonomian secara kolektif.
§ Kebaikan ekonomi sosialis :
o
Perekonomian
sepenuhnya ditangani oleh pemerintah, baik dalam hal
perencanaan,pengorganisasian,pelaksanaan,maupun pengawasan.
o
Pemerintah
menentukan jenis kegiatan produksi sesuai dengan perencanaa,sehingga pasar
barang dalam negeri berjalan lancer.
o
Relatif
mudah melakukan distribusi pendapatan.
o
Jarang
terjadi krisis ekonomi karena direncanakan oleh pemerintah.
§ Keburukan ekonomi sosialis :
o
Mematikan
inisiatif individu untuk maju.
o
Sering
terjadi monopoli yang merugikan masyarakat.
o
Masyarakat
tidak memiliki kebebasan dalam memiliki sumber daya.
4) Sistem ekonomi campuran
§ Ciri ekonomi campuran :
o
Hak
milik individu diakui tetapi tetap dibatasi dan sumber daya yang menguasai
hajat, hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.
o
Pelaku
ekonomi terdiri dari individu,pemerintah,dan swasta.
o
Permasalahan
ekonomi dipecahkan menggunakan organisasi ekonomi,yaitu what,how,for whom.
Dilakukan melalui perencanaan pesat sebagai penentu arah perekonomian dan
pelaksanaan diserahkan, melalui pasar bebas atas dasar persaingan terkendali.
5) Kegiatan dan pelaku ekonomi
Kegiatan
ekonomi adalah segala aktifitas manusia dalam memenuhi kebutuhan demi
kelangsungan hidupnya. Dalam ilmu ekonomi dikenal 2 macam rumah tangga antara
lain :
Ø Rumah Tangga Produksi (RTP)
Rumah
tangga yang melakukan proses produksi dan menghasilkan barang dan jasa serta
mendistribusikan kepada konsumen.
Ø Rumah Tangga Konsumen (RTK)
Rumah
tangga yang menggunakan barang dan jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga
produksi dan sebagai pemilik faktor produksi yang dibutuhkan oleh rumah tangga
produksi,yaitu : alam,tenaga kerja,modal, dan skill.
Sistem ekonomi pasar
Pada sistem ekonomi pasar,kegiatan ekonomi
produksi,distribusi,dan konsumsi dilakukan oleh pihak swasta. Pemerintah hanya
mengawasi dan melakukan kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan
penyelenggaraan Negara. Sistem ekonomi pasar sesuai dengan ajaran yang
dikemukakan oleh Adam Smith (1723-1790) dalam bukunya yang terkenal, An Inquiry
Into The Nature and Causes of the Wealth of Nations.
§ Ciri-ciri ekonomi pasar :
o
Semua
sumber produksi menjadi milik masyarakat.
o
Pemerintah
tidak ikut campur tangan secara langsung dalam kegiatan ekonomi.
o
Masyarakat
terbagi menjadi dua golongan, yaitu golongan pemberi kerja dan golongan
penerima kerja(
buruh)
buruh)
o
Timbul
persaingan dalam masyarakat. Sebagai konsekuensi adanya kebebasan memiliki
sumber-sumber produksi, timbul persaingan dalam mengejar keuntungan.
o
Setiap
kegiatan ekonomi didasarkan atas pencarian keuntungan.
o
Kegiatan
ekonomi selalu mempertimbangkan keadaan pasar.
§
Kebaikan
ekonomi pasar :
o
Menumbuhkan
inisiatif dan kresi masyarakat dalam mengatur kegiatan ekonomi.
o
Setiap
individu bebas untuk memilih sumber-sumber daya produksi.
o
Timbul
persaingan untuk maju karena kegiatan ekonomi sepenuhnya diserahkan kepada
masyarakat.
o
Menghasilkan
barang-barang bermutu tinggi.
o
Efisiensi
dan efektivitas tinggi karena setiap tindakan ekonomi didasarkan atas motif
mencari keuntungan.
§
Keburukan
ekonomi pasar :
o
Sulit
melakukan pemerataan pendapat.
o
Pemilik
sumber daya produksi mengeksploitasi golongan pekerja,sehingga yang kaya
semakin kaya, yang miskin semakin miskin.
o
Sering
muncul monopoli yang merugikan masyarakat.
o
Sering
terjadi gejolak dalam perekonomian karena kesalahan alokasi sumber daya oleh
individu.
v
Pasar
adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran sehingga dapat menetapkan
harga. Ada 3 komponen dalam pasar,yaitu : pembelian,penawaran. Dan transaksi.
§
Pasar
persaingan sempurna adalah menggambarkan suatu keadaan dimana penjual dan
pembeli tidak dapat mempengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar
merupakan hhasil interaksi antara permintaan dan penawaran.
§
Ciri-ciri
pasar persaingan sempurna :
o
Banyak
terdapat pembeli dan penjual.
o
Barang
yang dijual bersifat homogeny ( tanpa merk).
o
Produsen
dan konsumen bebas keluar masuk pasar.
o
Informasi
pasar bersiifat sempurna.
§
Kebaikan
pasar persaingan sempurna :
o
Harga
barang logis.
o
Kegiatan
ekonomi lebih sehat.
o
Produksi
lebih efisien.
§
Laba
maksimun dalam pasar persaingan sempurna
o
Penerimaan
total ( Total Revenue – TR )
Pendapatan yang diperoleh dari hasil penjumlahan produk.
TR = P X Q
o
Penerimaan
Rata-rata ( Average Revenue – AR )
Penerimaan total unit yang diproduksi.
AR = TR/Q = P
o
Penerimaan
Marjinal ( Marjinal Revenue – MR )
Tambahan penerimaan yang diperoleh sebagai hasil
penjualan satu unit yang diproduksi lagi.
MR = TRn – TRn-1
o
Biaya
Marjinal ( Marjinal Cost – MC )
Tambahan biaya yang harus dikeluarkan sebagai akibat
dari memproduksi satu unit tambahan.
MC = TCn – TCn-1
o
Biaya
Total Rata-rata ( Average Total Cost – ATC )
Biaya total yang harus dikeluarkan untuk setiap unit
produksi.
ATC = TC/Q
§ Pasar Persaingan Tidak Sempurna
o
Pasar monopoli berasal dari kata mono itu satu, poli itu penjual, dan
monopoli adalah pasar yang dikuasai oleh satu orang penjual.
o
Macam-macam
pasar monopoli :
·
Monopoli
Undang-undang, terjadi jika pemerintah memberikan ijin atau lisensi kepada satu
perusahaan untuk memproduksi barang tertentu. Misalnya, PLN,PT.KA
·
Monopoli
penguasaan sumber ekonomi, terjadi jika sumber ekonomi dikuasai oleh satu
perusahaan atau produsen. Misalnya, PT.KRAKATAO STEEL memonopoli produk baja.
·
Monopoli
karena skala produksi ekonomi, terjadi jika suatu perusahaan mampu memenangkan
persaingan dengan perusahaan lain. Perusahaan ini memiliki daya saing karena
berhasil melakukan penurunan biaya per unit produknya.
o
Kebaikan
monopoli :
·
Dapat
mengontrol kepentingan orang banyak.
·
Dapat
meningkatkan kreativitas dan inovasi.
·
Dapat
meningkatkan daya saing perusahaan.
o
Keburukan
monopoli :
·
Terjadi
kesewenang-wenangan harga.
·
Pelayanan
terhadap konsumen berkurang, contoh : PLN
·
Konsumen
tidak mempunyai kemampuan melakukan pilihan.
·
Memungkinkan
produsen melakukan diskriminasi harga.
o
Pasar oligopoly adalah pasar yang hanya terdapat beberapa penjual yang memproduksi barang
sejenis.
o
Persaingan
dalam pasar oligopoly
·
Persaingan
dalam harga, perusahaan menawarkan produk dengan harga rendah atau potongan
harga ( hadiah yang ditawarkan oleh bank ) Contoh : Mobil
·
Persaingan
dalam produk, perusahaan menciptakan produk yang menarik dan disukai konsumen.
Contoh : Provider seluler.
o
Pasar Monopsoni adalah pasar yang hanya terdiri dari pembeli tunggal dan hanya penjual.
Misalnya, peternak sapi yang menghasilkan susu perah hanya dapat menjual
produksi ke koperasi susu.
o
Kebaikan
pasar monopsoni :
·
Kualitas
barang terjamin.
·
Harga
produksi tidak terlalu tinggi.
o
Keburukan
pasar monopsoni :
·
Produsen
berada pada pihak yang lemah.
·
Produksi
yang tidak bermutu tidak akan dibeli sehingga dibuang.
·
Produksi
tidak efisien, karena pembeli bukan konsumen.
4. Kesempatan Bisnis dan Usaha
Peluang Bisnis adalah dimana adanya
kesempatan untuk membuka usaha baru atau bisnis sendiri dengan modal seadanya
untuk mencapai suatu tujuan dalam memenuhi kelangsungan hidup.
Banyak usahawan sukses
karena kelihaian dalam memulai dan memperluas usaha.
Berikut 14
rahasianya yang umumnya mereka
pakai. Namun tidak ada jaminan
Anda akan berhasil dengan cara-cara berikut. Meski
begitu, kini Anda punya
banyak alternatif. Anda pun bisa mencuri inspirasi
dari masing-masing cara itu.
·
Penuhi
kebutuhan konsumen.
·
Jual
keunikan
·
Duplikasi
usaha lain
·
Beri
fasilitas tambahan
·
Jual
keterampilan
·
Jadi
agen
·
Jual
barang second
·
Buka
kantor
·
Jalankan
DS/MLM
·
Beli
warabala
·
Beli
usaha profektif
·
Beli
usaha sekarat
·
Buka
lokasi
·
Usaha
bersama
v Ada beberapa Biaya Peluang :
·
Biaya
adalah pengorbanan untuk memperoleh sesuatu
o
Biaya
uang
o
Biaya
tenaga
o
Biaya
waktu
·
Biaya
Peluang adalah biaya yang tidak bisa dihitung dengan uang.
·
Biaya
sehari-hari adalah pengorbanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contoh :
makan dan minum
5. Unsur-unsur penting dalam aktivitas
ekonomi
·
Konsentrasi
·
Tekun
·
Gigih
·
Mempunyai
inisiatif
·
Mulai
usaha dari nol
·
Optimis
·
Belajar
dari pengalaman pengusaha sukses
·
Kenali
watak dirimu
·
Tenaga
kerja
·
Modal,
semua barang yang dapat digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan
barang lebih lanjut. Sifat modal ada 2, yaitu :
o
Modal
Tetap, yang dapat digunakan lebih dari satu kali proses produksi. Contoh :
Tanah,mesin,dan bangunan.
o
Modal
Lancar, yang habis dalam satu kali proses produksi. Contoh : Bahan baku,bahan
bakar.
·
Uang,
suatu benda yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat untuk pembelian
barang dan jasa, barang berharga lainnya, dan pembayaran uang.
o
Fungsi
uang adalah sebagai alat tukar, alat satuan hitung, pengukur pembayaran yang
ditunda, alat penyimpan kekayaan, dan alat pengalih kekayaan.
o
Jenis
uang adalah uang kartal, uang giral, uang logam, uang kertas, uang dalam
negeri, uang luar negeri, uang nilai penuh, dan uang tidak bernilai penuh.
·
Mesin/peralatan
·
Manusia
6. Hakikat bisnis
Hakikat
bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun
masyarakat luas atau juga proses bisnis yang berawal dari pasar sebagai
pengelola bisnis dalam menyediakan barang. Businessman (seorang pebisnis) akan
selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk
melayaninya secara baik sehingga masyarakat menjadi puas dan senang. Dari
kepuasan masyarakat itulah si pebisnis akan mendapatkan keuntungan dan
pengembangan usahanya.
7. Mengapa belajar Bisnis
Karena bagi perekonomian yang jumlah
angkatan kerjanya besar seperti Indonesia dibutuhkan banyak wirausahawan yang
mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang bersifat padat karya untuk mengurangi
jumlah pengangguran yang terus meningkat. Selain itu, peningkatan lapangan
kerja akan meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga mereka memiliki daya
beli terhadap barang dan jasa yang dihasilkan. Kesejahteraan juga meningkat.
Referensi :
Komentar
Posting Komentar